https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT | Khasanah | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT

Fatzilahtun Khasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan peningkatan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri 10 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Semua data dianalisis secara kuantitatif yang dideskriptifkan. Hasil analisis data memberikan gambaran bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan diikuti meningkatnya prestasi belajar siswa. Dari nilai rata-rata awal 66,68 dengan ketuntasan belajar 16,13%, pada siklus I nilai rata-rata menjadi 72,45 dengan ketuntasan belajar 58,06%, kemudian siklus II nilai rata-rata menjadi 77,42 dengan ketuntasan belajar mencapai 80,65%.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i2.2880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.